Laporan Akhir (Percobaan 3) Modul 1 uP&uC


LAPORAN AKHIR (PERCOBAAN 3)

[KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA]

KOMPONEN

Arduino Uno


Gambar 1. Arduino Uno


Arduino Uno adalah board mikrokontroler berbasis ATmega328 (datasheet). Memiliki 14 pin input dari output digital dimana 6 pin input tersebut dapat digunakan sebagai output PWM dan 6 pin input analog, 16 MHz osilator kristal, koneksi USB, jack power, ICSP header, dan tombol reset. Untuk mendukung mikrokontroler agar dapat digunakan, cukup hanya menghubungkan Board Arduino Uno ke komputer dengan menggunakan kabel USB atau listrik dengan AC yang-ke adaptor-DC atau baterai untuk menjalankannya.

Uno berbeda dengan semua board sebelumnya dalam hal koneksi USB-to-serial yaitu menggunakan fitur Atmega8U2 yang diprogram sebagai konverter USB-to-serial berbeda dengan board sebelumnya yang menggunakan chip FTDI driver USB-to-serial.

Nama “Uno” berarti satu dalam bahasa Italia, untuk menandai peluncuran Arduino 1.0. Uno dan versi 1.0 akan menjadi versi referensi dari Arduino. Uno adalah yang terbaru dalam serangkaian board USB Arduino, dan sebagai model referensi untuk platform Arduino, untuk perbandingan dengan versi sebelumnya, lihat indeks board Arduino.

LCD


Gambar 2. 7-Segment


LCD atau Liquid Crystal Display adalah suatu jenis media display (tampilan) yang menggunakan kristal cair (liquid crystal) untuk menghasilkan gambar yang terlihat. Teknologi Liquid Crystal Display (LCD) atau Penampil Kristal Cair sudah banyak digunakan pada produk-produk seperti layar Laptop, layar Ponsel, layar Kalkulator, layar Jam Digital, layar Multimeter, Monitor Komputer, Televisi, layar Game portabel, layar Thermometer Digital dan produk-produk elektronik lainnya.

Teknologi Display LCD ini memungkinkan produk-produk elektronik dibuat menjadi jauh lebih tipis jika dibandingkan dengan teknologi Tabung Sinar Katoda ( Cathode Ray Tube atau CRT). Jika dibandingkan dengan teknologi CRT, LCD juga jauh lebih hemat dalam konsumsi daya karena LCD bekerja berdasarkan prinsip pemblokiran cahaya sedangkan CRT berdasarkan prinsip pemancaran cahaya. Namun LCD membutuhkan lampu backlight (cahaya latar belakang) sebagai cahaya pendukung karena LCD sendiri tidak memancarkan cahaya. Beberapa jenis backlight yang umum digunakan untuk LCD di antaranya adalah backlight CCFL ( Cold cathode fluorescent lamps ) dan backlight LED ( Light-emitting diodes ).

Keypad


Gambar 3. Keypad


Keypad berarti Sebuah keyboard miniatur atau set tombol untuk operasi portabel perangkat elektronik, telepon, atau peralatan lainnya. Keypad merupakan sebuah rangkaian tombol yang tersusun atau dapat disebut "pad" yang biasanya terdiri dari huruf alfabet (A—Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka serta simbol-simbol khusus lainnya. Keypad yang tersusun dari angka-angka biasanya disebut sebagai numeric keypad. Keypad juga banyak dijumpai pada alphanumeric keyboard dan alat lainnya seperti kalkulator, telepon, kunci kombinasi, serta kunci pintu digital, di mana diperlukannya nomor untuk dimasukkan.

GAMBAR RANGKAIAN






FLOWCHART





LISTING PROGRAM

#include <LiquidCrystal.h>                                                //Deklarasi library LCD
#include <Keypad.h>                                                       //Deklarasi library keypad

const byte ROWS = 4;                                                      //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 3;                                                      //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
    {'1','2','3'},
    {'4','5','6'},                                                        //Inisialisasi keypad matriks 4x3
    {'7','8','9'},
    {'*','0','#'}
};

byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7};                                       //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris 
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11};                                        //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom

                                                                          // Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() {                                                            //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
                                                                          // Set baris dan kolom LCD 
  lcd.begin(20, 4);
  lcd.setCursor(1,2);
  lcd.setCursor(4,3);
  lcd.setCursor(0,0);
}

void loop() {                                                            //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
char key = keypad.getKey();                                              //Membaca keypad

    if (key) {                                                           //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
        lcd.print(key);                                                  //Menampilkan input dari keypad pada LCD
    }
}

ANALISA

Pada rangkaian percobaan, kenapa digunakan pin data hanya dari D4 sampai D7?

Dikarenakan dari keypad 3x4 yang di pakai hanya membutuhkan 4-bit data. Jadi karena hanya membutuhkan 4-bit data, pin yang digunakan hanya D4-D7, jikalau pin D0-D3 juga di pakai, maka inputannya sebesar 8-bit data.

Pada percobaan digunakan keypad 3x4. Apakah ketika kita gunakan keypad 4x4 ada perbedaan dari programnya? Jelaskan dimana?

Pada keypad 3x4, keypad tersebut mempunyai 12 varian binner (0000.0000-0000.1111), maka 4-bit saja yang terpakai, maka dari itu, di LCD hanya menggunakan pin D4-D7. Tapi jikalau keypad 3x4 diganti dengan keypad 4x4, maka varian dari keypad tersebut adalah 16 (0000.0000-0001.0011), maka kita menggunkan sistem 8-bit, jd kita perlu memakai pin D0-D3.

LINK DOWNLOAD

  1. Download HTML : KLIK DISINI !!!
  2. Download Rangkaian (Proteus) : KLIK DISINI !!!
  3. Download Listing Program : KLIK DISINI !!!
  4. Download Video : KLIK DISINI !!!